Semangat menulis dari Bu Kanjeng



Senin malam, 5 April 2021 pukul 19.00 WIB merupakan awal kegiatan belajar menulis gelombang 18 pertemuan pertama dengan narasumber habat Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd. Bu Aam selaku moderator dalam agenda ini telah memaparkan profil yang biasa disapa dengan nama Bu Kanjeng ini dengan apik. Saya membaca hingga tuntas profil beliau. Sungguh saya jadi malu dengan diri sendiri, karena membaca profil Bu Kanjeng dengan usia yang tak lagi muda, beliau sangat aktif dan bersemangat untuk terus menulis. Apalagi setelah berkunjung ke blog beliau, Maa Syaa Allah jadi penyemangat saya untuk belajar menulis.

Ternyata proses Bu Kanjeng menulis sebuah buku cukup panjang, diawali dengan kecintaan beliau membaca buku sejak SD hingga remaja, dewasa hingga akhirnya menjadi seorang guru. Sempat terhenti dan mulai menulis kembali menjelang usia 50 tahun saat mengambil S2. Setelah jeda 25 tahun yang memaksa beliau untuk berkenalan dengan komputer dan internet. Hingga akhirnya beliau mengenal dunia medsos. 

Pada tahun 2009 beliau mengenal blog keroyokan yang sekarang masih eksis yang bernama kompasiana. Mulai dari sana beliau menulis apa yang ingin beliau tulis. Bu Kanjeng mulai berproses dan terus bertumbuh dalam dunia literasi. 

Berdasarkan dari PPT yang beliau bagikan di grup. Beliau menuliskan ide itu bisa kita dapatkan dari para sahabat dan kerabat yang ada di sekitar penulis. Melalui pengalaman dari orang-orang sekitar kita, akan muncul ide dan apa yang hendak kita tulis dalam benak kita. Selanjutnya pesan apa yang ingin kita sampaikan dalam tulisan kita tersebut. Dalam menulis diperlukannya semangat dan salah satunya melalui pengalaman Bu Kanjeng menumbuhkan semangat saya untuk belajar menulis.

Salah satu pesan yang menginspirasi saya dari Bu Kanjeng untuk penulis pemula. Jangan malu, jangan takut kalo tulisannya jelek, kalo tulisannya tidak ada yang mau membaca "menulislah dengan hati, maka bapak/ibu akan mendapatkannya". Dari pesan tersebut dapat saya jadikan suntikan semangat untuk memulai belajar menulis. Terutama untuk saya yang masih pemula ini. Terima kasih Bu Kanjeng, Om Jay, Bu Aam, Pak Brian dan semua bapak/ibu hebat yang tergabung dalam grup belajar menulis gelombang 18. Sering singgah dan membaca blog dari bapak/ibu semua, menjadi inspirasi dan motivasi saya untuk lebih semangat belajar menulis.


Tanggal pertemuan: 5 April 2021

Resume ke: 1

Tema: Cara Jadi Penulis

Naraseumber: Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd.

Gelombang: 18


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

YUNA

Terima Kasih SM-3T

Musibah Sebagai Pengingat Kita Semua